nyongandri

Baru tadi pagi saya meihat berita tentang beliau di salah satu stasiun televisi. Dia bukan Artis yang sering muncul di TV, bukan wakil rakyat yang ribut meminta fasilitas lebih untuk kerjanya yang gak jelas, bukan pula anggota PSSI atau pun KPSI yang membuat rame ranah persepakbolaan Indonesia.

Andre Graff adalah seorang Pahlawan bagi masyarakat Sumba NTT, Pahlawan jauh dari Perancis yang dikirim Alloh, yang telah menguras tabungannya untuk membuat 28 sumur di Sumba NTT. Berkat sumur-sumur itu kini masyarakat sumba tidak perlu jauh-jauh harus naik turun gunung untuk mengambil sedikit air. Berawal dari menjual kamera yang ia bawa untuk syuting di awal-awal ia datang ke sumba. Layaknya turis-turis lain yang ingin mengabadikannya ddalam sebuah foto dan gambar bergerak. beliau juga menjual harta bendanya yang ada di perancis. Lebih dari ratusan juta beliau menghabiskan uangnya untuk membuat sumur-sumur penghidupan.

Sudah 7 tahun ia hidup dan tinggal di Sumba, hidup di sebuah bangunan kecil yang amat sederhana di atas tanah wakaf warga. Untuk memenuhi makan sehari-hari ia menanam berbagai tanaman di halaman rumahnya dan dengan sedikit di bantu dengan menyewakan rumah kecilnya di perancis. Untuk hidup sehari-hari saja beliau sudah sangat pas-pasan di tambah lagi harus membayar pajak 22 juta pertahunnya untuk memperpanjang tinggal di Indonesia. Aterosklerosis penyakit yang dideritanya nya pun kini tak sanggup lagi ia obati.

Kalo saja ada penghargaan dengan nominasi Pahlawan tanpa tanda jasa “Andre Graff” mungkin masuk dalam salah satu daftar nominasi.

Andre Graff adalah sebuah tanda kecintaan Alloh pada kita, sehingga Alloh menuntun orang yang baik ini untuk meringankan beban hidup kita. Andre Graff adalah sebuah tamparan untuk masyarakat Indonesia yang mencerminkan kurang peduliannya dan perhatiannya pada sodara-sodara kita. Wahai para pemimpin dan wakil rakyat yang saya hormati, kami tidak menuntut banyak dari anda, diluar gedung mewah yang anda tempati banyak sekali orang-orang seperti Andre Graff yang berkorban untuk kepentingan masyarakat Indonesia yang hal itu sudah menjadi tanggung jawab anda maka setidaknya dukunglah mereka, “pahlawan tanpa tanda jasa”.

Andre Graff memiliki situs  http://www.waterforsumba.com.

Referece:

http://www.waterforsumba.com.

http://www.thejakartapost.com/news/2010/06/23/andr%C3%A9-graff-french-balloonist-digs-deep-sumba.html

http://www.thejakartaglobe.com/travel/a-ballooners-life/365405

http://indo.wsj.com/posts/2012/10/24/dari-balon-udara-ke-sumur-sumba/

http://yulindwiya.blogspot.com/2012/12/malaikat-dari-perancis.html

Tinggalkan komentar

beasiswa007

giving for motivating

STAR D'FIRGIVIP

jadilah diri'mu sendiri dan jangan pernah kau bohongi dirimu sendiri

e.nyongandri

nyongandri

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.